Sistem Partai, Kelebihan, Kelemahan, dan yang Cocok di Indonesia




Klasifikasi menurut jumlah sistem partai

  1. Sistem partai tunggal, sistem partai tunggal maksudnya hanya ada satu partai dinegara tersebut. Sistem ini dipakai oleh negara yang baru merdeka, negara multi etnis dan negara komunis. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya gejolak-gejolak sosial poltik yang menghambat usaha-usaha pembangunan atau untuk mengintegrasikan aneka golongan yang ada dalam suatu negara.

    • Kelemahannya, tidak ada partai selain partai yang ada sehingga rentan terhadap pelencengan pendelegasian kekuasaan yang diberikan oleh rakyatnya. Atau demokrasi cenderung mati.
    • Kelebihannya, dapat meredam gejolak-gejolak sosial politik yang menghambat usaha-usaha pembangunan ataupun untuk integritas aneka ragam golongan yang ada disuatu negara.

  1. Sistem dwi partai, sistem ini menganut dua partai politik atau adanya beberapa partai tetapi hanya dua partai yang memiliki peranan misalnya Inggris, Amerika serikat, dan Filipina.

    • Kelemahannya, Oposisi tidak dapat mengontrol pemerintah dengan efektif, karena suaranya pasti lebih kecil dari suara partai pemerintah.
    • Kelebihannya, Ada partai yg berkuasa & oposisi, sehingga dapat saling mengontrol, Stabilitas politik cukup baik, oposisi tidak terlalu banyak mempengaruhi pemerintah

  1. Sistem Multi partai, multi partai disebabkan oleh adanya aneka ragam suku, agama, ras dan golongan yang ada dalam suatu negara misalnya, Indonesia, Malaysia, Belanda, Francis, dan Swedia.

    • Kelemahannya, Stabilitas politik tidak dijamin karena terlalu banyaknya partai., Rakyat malah tambah bingung, bukannya lebih bebas memilih. Suara partai tidak akan lebih dari 25 persen (pengalaman di Indonesia, partai pemenang pemilu hanya 20 sekian persen).
    • Kelebihannya, Aliran politik tersalurkan.,Rakyat mempunyai banyak pilihan.

Sistem Parpol apa menurut anda yang cocok di Indonesia, apa alasannya?
Sistem parpol yang cocok di Indonesia menurut pendapat saya adalah dengan sistem multi partai terbatas, namun jumlahnya tidak 3(tiga), melainkan ada 5(lima) saja. Dengan dasar pemikiran adanya pemerataan jadwal kampanye untuk setiap hari dan ada dua hari untuk libur kampanye sebagai masa tenang atau jeda saat pergantian minggu. Selain itu dimungkinkannya penerapan kontrol yang lebih baik serta tersalurkannya aspirasi masyarakat secara lebih luas namun tidak membuat bingung pemilih karena jumlah yang banyak namun terbatas dan sistem kerja partai lebih bisa diketahui karena tidak akan ada partai yang mati dan hidup(partai baru dan partai lama). Sehingga parpol lebih bisa fokus dalam menjalankan fungsinya dalam mendidik masyarakat dalam pepolitikan. Dan dimungkinkannya penyerapan aspirasi lebih baik serta terealisir dengan berkelanjutan.

Apakah setuju jika calon anggota dewan harus mempunyai sertifikat ilmu politik.
Setuju sekali dengan hal tersebut, karena politik sendiri adalah sarana untuk membuat kehidupan lebih baik untuk rakyat banyak, sehingga diperlukan pemahaman yang lebih komprehensif serta mampu mewadahi segenap aspirasi masyarakat dengan pemikiran yang sistematis, terstruktur serta agar tidak ada kesalahan dalam pembuatan keputusan yang dilakukan.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI