Pembaruan Pemerintahan (Pendahuluan)



Reinventing Government bukanlah perubahan dalam sistem politik, kampanye reformasi keuangan, reformasi badan legislatif, atau parlemen, batas termin dan lainnya.

Bukan pula reorganisasi, bukan pula memindahkan kotak-kotak pada struktur organisasi. Bukan menghilangkan pemborosan, kecurangan, dan penyelewengan.

Pembaruan pemerintah adalah penciptaan organisasi pemerintah yang secara terus-menerus mencari cara untuk menjadi lebih efisien.

Melakukan perubahan dalam organisasi pemerintah membutuhkan jauh lebih banyak upaya politik, misalnya, karena organisasi pemerintah hidup di lautan politik, sementara bisnis hidup dalam ekonomi pasar.

Tetapi perbedaan yang paling mencolok adalah bahwa organisasi swasta ada di dalam system, atau pasar, yang lebih besar yang pada umumnya berfungsi baik. Kebanyakan organisasi swasta yang mencari laba memiliki misi yang jelas, tahu bagaimana mengukur kinerja bottom-lin (hasil akhir atau keuntungan bersih) mereka, menghadapi persaingan, mengalami akibat paling nyata dari kinerja mereka, dan bertanggung jawab kepada pelanggan mereka. 

Maka literature manajemen bisnis memusatkan terutama pada perubahan organisasi, bukan tempat organisasi itu berada. Para ahli teori manajemen menyerahkan bidang yang terakhir ini kepada ahli ekonomi.

Dalam pemerintahan, kebanyakan organisasi berada dalam system yang tidak berfungsi baik. Banyak organisasi mempunyai misi ganda (kadang-kadang saling bertentangan); sedikit yang menghadapi persaingan langsung; sedikit yang langsung terkena dampak atas kinerjanya sendiri; sedikit yang mempunyai bottom-line yang jelas (bahkan sedikit yang mengukur kinerja); dan sedikit sekali yang bias dipertanggungjawabkan kepada pelanggan mereka.

Realitas system ini menciptakan insentif dan kondisi yang mendorong organisasi bertindak dengan gaya birokrasi. Sulit untuk membangun organisasi yang bersifat wirausah sebelum realitas ini diubah dahulu.

Oleh karena itu, pendongkrak strategis terpenting dalam sector pemerintah terletak dalam system yang lebih besar, bukan dalam organisasi. Wirausahawan Negara harus mengubah system-sistem yang lebih besar ini-sistem pendidikan, system kesejahteraan, system regualasi, system Negara federal-negara bagian daerah, system anggaran, system kepegawaian, dan sebagainya. Di sini teori manajemen bisnis hanya bisa sedikit membantu.

Yang dimaksud dengan pembaruan adalah transformasi system dan organisasi pemerintah secara fundamental guna menciptakan peningkatan dramatis dalam efektivitas, efisiensi, dan kemampuan mereka melakukan inovasi. Transformasi ini dicapai dengan mengubah tujuan, system insentif, pertanggungjawaba, strutktur kekuasaan, dan budaya system dan organisasi pemerintah.

Pembaruan adalah penggantian system yang birokratis menjadi system yang bersifat wirausaha. Pembaruan adalah menciptakan organisasi dan system pemerintah yang terus-menerus berinovasi, yang secara kontinu memperbaiki kualitas mereka, tanpa mendapat tekanan dari pihak luar. Pembaruan adalah penciptaan sector pemerintah yang mempunyai dorongan dari dalam untuk melakukan perbaikan – yang oleh sebagian orang disebut system pembaruan diri.

Osborne & Plastrik. Memangkas Birokrasi.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI