Mengubah Kebiasaan



Alat Untuk Mengubah Kebiasaan


  1. Menemui pelanggan, mempertemukan pegawai dengan orang-orang yang dilayani atau dibantu, baik melalui kelompok fokus, percakapan, atau bekerja pada lini pertama.
  2. Menjadi pelanggan, dilakukan dengan cara meminta pegawai untuk menjadi pelanggan melewati sistem mereka sendiri – misalnya untuk meminta tunjangan, mengajukan perijinan, atau menjadi orang tua murid – sehingga mereka bisa mengalami sendiri dari sudut pandang pelanggan.
  3. Rotasi kerja, memindahkan pegawai melewati berbagai pekerjaan yang berbeda-beda dalam organisasi; mereka mengambil tanggung jawab secara penuh pekerjaan yang ditangani dalam jangka waktu cukup lama untuk mempelajari yang ada dalam pekerjaan tersebut.
  4. Internship dan Eksternship, membawa orang luar ke dalam organisasi selama beberapa tahun, untuk memberi pengalaman baru bagi organisasi, dan mengirim anggota organisasi ke luar untuk bekerja di organisasi lain dalam waktu yang sama dengan orang luar yang bekerja di dalam organisasi, untuk menceburkan mereka ke dalam lingkungan baru.
  5. Lintas jalan dan lintas percakapan, membawa pegawai untuk menerobos batas-batas birokratis dengan bekerja atau berdialog bersama dengan orang-orang dari unit, badan, atau organisasi bisnis yang lain.
  6. Sponsor institusional, membentuk proses formal untuk menarik, mendukung, melindungi, dan menghargai perilaku inovatif dalam organisasi pemerintah.
  7. Kontes mempromosikan perilaku yang diinginkan dalam organisasi dengan memberi imbalan mereka yang menjadi teladan untuk perilaku tersebut.
  8. Perencanaan strategi skala besar dan real time, mengikutsertakan sebagian besar, kalau tidak seluruh, pegawai organisasi dalam pertemuan intensif, retret beberapa hari, di mana selama pertemuan terseut mereka berpartisipasi secar penuh dalam mengidentifikasi perubahan penting dalam strategi organisasi dan berkomitmen untuk mengimplementasikannya.
  9. Latihan kelompok adalah latihan kelompok intesif jangka pendek di dalam iklim yang bebas dari penghalang, yang dirancang untuk memberi inspirasi mengalirnya gagasan mengenai perbaikan proses kerja yang dijadikan target. Sering terjadi kelompok tersebut mengimplementasikan perbaikan tersebut di tempat latihan itu juga.
  10. Pewarisan pengalaman organisasional adalah acara besar di mana ratusan pegawai saling menceriterakan pengalamannya untuk membangun kebiasaan, komitmen emosional, dan sikap yang diinginkan oleh pemimpin.
  11. Mendesain ulang pekerjaan, baik melalui rekayasa ulang proses bisnis, reformasi sistem administrasi, atau pengenalan teknologi baru, mengubah pengalaman pegawai secara permanen.

Memangkas Birokrasi. Osborone dan Plastrik

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI