Tips Menghadapi musim penghujan


Sebenarnya postingan ini pernah saya publish/tayang di Dumalana. Tapi demi agar pembaca lainnya ikut dan turut serta dapat membacanya, jadi saya pun menayangkan plus tambahan satu tips. Terlebih lagi sekarang lagi musim TIPS.... Dan sejujurnya tadinya saya ingin menulis TIPS sukses inTIPS, tapi kok ya kurang gitu bahannya, mungkin nanti ada kawan blogger lainnya dapat membuat tulisan dengan tema seperti itu. :D

Puji syukur, Alhamdulillah musim penghujan telah tiba di kotaku. Menjadi berkah besar untuk petani agar bisa segera mengolah lahannya(sawah tadah hujan) yang telah lama tidur. Berkah untuk penjual jas hujan, ojek payung, pengrajin payung geulis dan banyak lagi. Puji syukur, Alhamdulillah sekali lagi.

Musim hujan bagi sebagian adalah sesuatu yang menakutkan, seperti jika anda/kita mengendarai sepeda motor tentunya akan menghadapi ancaman setiap saat secara tiba-tiba kehujanan. Namun sebagai mahluk yang berakal hendaknya kita pun memikirkan langkah-langkah yang harus diantisipasi dalam musim penghujan ini.

Berikut tips dalam mempersiapkan diri menghadapi musim penghujan:

  1. Periksa atap rumah anda. Ketika hujan tiba cek setiap ruangan rumah anda apakah ada kebocoran menggenang di flafond. Segera setelah hujan reda beberapa saat untuk memperbaikinya oleh tukang ataupun sendiri. Ingat, lakukan setelah genting kering, sediakan alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. (Tips ini selalu saya lakukan, jadi bukan omdo :D)
  2. Jika anda Bikers, sedia jas hujan di bagasi kendaraan anda. Cek dan ricek sebelum pergi ke kantor apakah jas hujan sudah pada posisinya di bagasi kendaraan anda. Ada baiknya anda memiliki dua buah jas hujan, sebagai cadangan anda lupa atau jas hujan masih basah saat akan berangkat. (Kalau Tips ini, jujur, saya gak punya jas hujan, jadi ini hanyalah imajinasi saya, saya senang hujan-hujanan gan :D)
  3. Jika anda penggila main layang-layang, maka sebaiknya hentikan hobi anda, kecuali memang sangat ngebet, tanyakan ke toko layangan apakah ada jas hujan untuk layangan anda. ( yang ini joke… :D ).
  4. Bagi pengantin muda, musim penghujan adalah moment yang ditunggu-tunggu. Saya pribadi mengucapkan selamat menikmati. Sedia makanan bergizi di almari pendingin anda, repot kalau anda tengah malam kelaparan setelah melakukan ibadah sunnah. (Asli ini kejadian gan... =)) dulu tapi ya!)
  5. Bagi anda suka pergi dan pulang menggunakan angkutan umum, sebaiknya membawa payung lipat yang kecil mungil yang bisa dikantungi di tas anda. (Kalau yang ini saya suka merhatiin ibu mertua gan)
  6. Perbanyaklah asupan gizi dalam makanan yang anda konsumsi di musim penghujan untuk menghindari kesehatan yang anjlok akibat sering tertimpa hujan. (Logis kan kalau ini, musim kemarau juga kita pasti mengkonsumsi makanan bergizi)
  7. Cabut antene televisi, saluran telepon rumah(khususnya jika mempunyai telepon faximile) anda jika hujan lebat dan ada petir sahut menyahut. (Kejadian ini mah! Televisi ane kena petir).

Tips lainnya mungkin komentator bisa menambahkan.

Demikian tips menghadapi musim penghujan, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI