Ayo, ramai-ramai kita ulas film Indonesia!

Malu, ya rasa malu menghinggapi ketika dihadapkan pada satu kenyataan, bahwa ternyata saya sebagai blogger jarang sekali mengulas tentang perfilman tanah air, padahal di brangkas blog saya banyak sekali ulasan tentang film luar. Walaupun dengan gaya bahasa dan tata cara yang semau saya, tapi terbukti ulasan jelek saya mengenai film luar banyak yang membaca, entah dari luar maupun dari dalam(setelah membaca mungkin kesal, kok gak jelas gitu? :D ). Tapi betul, saya serius loh, tulisan-tulisan ulasan film luar itu menurut statistik banyak yang membaca.


Membaca sebuah e-book yang kebetulan saya mendapatkan secara gratis langsung dari penulisnya (jadi Bang Ekky Imanjaya yang kebetulan teman di fb mewartakan e-book beliau bisa di unduh secara gratis, beliau sepertinya seorang dosen di Binus) dengan judul A to Z about Indonesian Film.

Saya ketahui dalam sebuah tulisan di buku tersebut, ada seorang kritikus film terkemuka asing yang menuliskan, bahwa mereka tidak mengenal film Indonesia dari orang Indonesia (kira-kira begitu menurut tangkapan saya) apakah bagus, apakah film ini lucu, apakah film ini horor sekali, atau apakah film ini artistik.

Dari apa yang diungkapkan tersebut, saya mencoba mengulas sedikit tentang film Indonesia, walaupun dalam bahasa Indonesia, tapi saya berharap google translate bisa sempurna menerjemahkan bahasa Indonesia saya dengan sempurna sehingga bisa dibaca oleh orang luar. Karena sebetulnya mereka ingin sekali mengetahui film Indonesia menurut orang Indonesia dengan bahasa yang mudah mereka fahami, tentu saja harusnya mengulas dengan bahasa Inggris.

Sekitar tanggal 15 Oktober kemarin, saya menulis sebuah ulasan tentang film Indonesia, kalau tidak salah, pertama kali tayang di sebuah blog publik, Dumalana. Tapi kemudian saya pindahkan keesokan harinya ke blog ini. Sesuai dengan apa yang sudah saya setting, setiap apa yang saya publish, langsung terpublish juga di twitter akun saya @neonboxyellow. Dan coba tebak, ternyata ada yang mengapresiasikan tulisan saya itu, BADAI INDONESIA RECOMMENDED FROM  is out!  ▸ Top stories today via  by @JEMPOLTODAY. Karena pada hari itu saya mentweet dua buah yang salah satunya http://partalearning.blogspot.com/2011/10/semangat-film-indonesia-badai-di-ujung.html Semangat film Indonesia "Badai di Ujung Negeri".

Tulisan yang tidak seberapa bagus, malah banyak sekali unsur subyektifnya. Tapi setidaknya tulisan itu telah tamat, dan sudah layak di kritisi dan di hujat. Beda jika tulisannya masih dalam konteks bersambung.

Ayo para blogger Indonesia yang sudah mengulas film Indonesia maupun yang belum kita giatkan terus gerakan mengulas film Indonesia, biar semua orang tahu bahwa Indonesia mampu!

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI