Tips memilih gelasan layangan.

Doc Pribadi

Gelasan Senar Tempur.

Gelasan layangan terdiri dari dua macam bahan dasar, yakni gelasan senar/kenur dan gelasan benang. Tulisan ini akan membahas cara-cara memilih gelasan dari senar/kenur.
.
Dari pengamatan pribadi mengenai gelasan. Ternyata karakteristik dari para pengrajin gelasan terhadap hasil produksinya berbeda-beda. Pengerajin A menghasilkan gelasan yang hanya sekali pakai. Pengrajin B bisa membuat gelasan yang jika kena air malah tambah tajam. Ada juga pengrajin, gelasannya sangat halus (halus disini tidak terasa ketajaman gelasan) namun ketika dimainkan secara profesional (mampu mengalahkan gelasan musuh) malah lebih tajam dari gelasan yang ketika diraba secara kasat oleh tangan sangat tajam.

Jika mutu helm bisa distandarisasi dengan hadirnya SNI. Tidak sama halnya dengan gelasan, selain gelasan tersebut diproduksi secara hand made (pada umumnya) maka hasilnya pun bervariasi. Secara seni, hasil produksi hand made orang luar negeri sangat menghargainya.

Pengrajin gelasan pun banyak membuat variasi dari hasil olahannya. Ada yang biasa alias untuk pemain tingkat pemula, gelasan untuk tingkat sedang-sedang saja dan gelasan untuk tingkat profesional.

Pengrajin dalam mengolah hasil produksinya sama saja. Hanya saja dari proses pengerjaan, serta bahan adonan yang membedakannya.


Bahkan ada seorang pengrajin yang secara khusus menghasilkan gelasan agar berkualitas tinggi memulai semua proses pengerjaan produksi gelasan hingga selesai dan siap pakai dari tangannya pribadi. Pengrajin seperti ini biasanya sewaktu muda sangat mementingkan cita rasa serta selera yang tinggi akan gelasan yang bermutu tinggi. Tentu saja, ada rahasia-rahasia dalam proses pengerjaan yang tidak ditularkan pada anak buahnya yang mengerjakan gelasan biasa.

Bagaimana gelasan yang bagus dan baik itu? 


Sepengetahuan saya, dan tentu saja kriteria dibawah ini tidak baku serta senantiasa bisa berubah sesuai dengan perkembangan dan inovasi, kreatifitas, seni dan olah adonan para pengrajin dalam memproduksi gelasan.

Beberapa syarat mengenai gelasan yang baik saya uraikan dibawah ini:
  • Gelasan keras/bahan melekat erat pada senar, dengan kualitas material/bahan yang bagus sehingga tidak mudah terkelupas bahan yang menempel pada benang. Untuk mengujinya bukan dengan menggaruk gelasan dengan kuku jemari, melainkan dengan mengoreskan pada gelasan lainnya atau pada gelasan itu sendiri. Sebagus dan semahal apapun gelasan, jika digores/digaruk dengan kuku pasti akan mengelupas.
  • Gelasannya licin, tentunya ini adalah karena proses pengerjaan yang lumayan lama sehingga harga jualnya pun relatif lebih lama dengan gelasan yang biasa(produksi masal)
  • Gelasannya tajam, gelasan tajam yang dimaksud bukan kasar melainkan halus tetapi mampu membuat putus gelasan lawan dengan sekali sabet, ini disebabkan gelasan dengan dibuat secara berkualitas dengan bahan dasar beling termos.
  • Gelasannya halus, karena dikerjakan dengan sangat lambat dan adonan/komposisi bahan yang tepat. Halus yang dimaksud disini adalah gelasan tertutup rapih dan ketika diraba halus merata tak ada tonjolan.
  • Benang gelasan tidak mudah putus, bahan benang dasar yang memang dispesifikasikan khusus dengan kekuatan daya lentur dan kekuatan tarikan, biasanya bahannya terpisah dari produk masal.

Teknik pemain dalam  memainkan gelasan itu sendiri pada akhirnya yang menentukan.

Akhir kata, dengan segala macam gelasan yang baik dan mahal, semua kembali pada pola permainan anda memainkan layangan itu sendiri, tak jarang gelasan biasa mampu mengalahkan gelasan dengan harga dan spesifikasi pembuatan yang khusus. Tentu saja, teknik memainkan layangan harus turut serta anda pelajari, dan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tergantung kecintaan anda dalam mendalami hobi yang bisa dikatakan tak lekang oleh waktu ini.
.
Salam hangat.

Alamat kami,  

Toko Gelasan Layangan Tiga Saudara, Jalan Paseh 68-70 Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Salam hangat.

Popular posts from this blog

Isi/makna lagu DOREMI