Pendidikan, dasar menuju kesejahteraan!

Oleh PartaWinata


Indek pembangunan manusia atau IPM dalam bahasa Inggrisnya Human Development Indexs atau HDI memiliki tiga kriteria penilaian dalam peniliannya yakni Pendidikan, Kesehatan dan Daya beli Masyarakat.


Mengenai pendidikan cakupannya sangat luas. Dari angka statistik pendidikan yang dienyam rata-rata penduduk suatu wilayah dapat diketahui pula tingkat kesehatan dan daya beli masyarakat. Kenapa, karena dengan semakin tingginya pendidikan yang diraih atau dienyam atau sedang dijalankan, suatu penduduk disuatu wilayah dapat tergambarkan tingkat pola pikir terhadap kesehatan pribadinya dan keluarga serta terhadap lingkungan disekitar, serta dengan pendidikan yang tinggi akan berpengaruh dengan kemampuan/perolehan penghasilan/pekerjaan hingga berdampak pada kemampuan daya beli suatu penduduk di suatu wilaya.

Ketiga kriteria ini saling berkaitan satu dengan sama lainnya. Dan hal yang paling mendasar yang akan berimbas kepada seluruh aspek lini kehidupan disuatu negara terkait.

Meningkatkan pendidikan dibutuhkan sinergi dibidang pendidikan, sosial, ketenagakerjaan dan kesehatan. Pemberdayaan kemampuan pemerintah untuk memberdayakan masyakarat pada kemampuan meningkatkan pendidikan dengan dukungan/mendorong pendidikan murah dan berkualitas dari pemerintah.

Salam indek pembangunan manusia.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI