Krupuk kulit


Untuk krupuk kulit sebenarnya bukan termasuk kuliner, karena krupuk kulit ini hanya penganan ringan. Krupuk kulit ciri khas daerah Sindangkasih, Ciamis ini sudah ada semenjak jaman kakek buyut saya, dan sampai sekarang masih bertahan, diteruskan oleh anak dan cucunya. Pembuat krupuk kulit itu sendiri membeli bahan mentahnya yakni kulit kerbau kering dari keluarga saya ya semenjak. Pun begitu, ketika stok dikeluarga kami tak ada, mereka membeli ke pengepul lain yang ada di kota sekitar, atau keluar daerah.

Krupuk kulit ini berbahan mentah kulit kerbau kering yang wajar, wajar disini artinya, ketika kerbau disembelih dan kulitnya dikuliti langsung dilakukan proses pengawetan dengan cara mengeringkan kulit tersebut dibawah matahari. Layaknya menjemur pakaian saja. Namun dilakukan sekira, 3 sampai dengan 6 hari tergantung cuacanya. Sampai kulit kerbau tersebut kering benar.

Citra rasa kulit kerbau dari Sindangkasih ini bagi lidah orang priangan timur sudah klop, selain memang pemasarannya sudah semenjak lama. Dan diteruskan secara turun temurun dari waktu ke waktu oleh keluarga mereka. Pangsa pasarnya pun relatif terjaga dan masih bisa bertahan.

Cara pembuatan krupuk kulit ini saya sendiri tidak mengetahui persis. Namun, beberapa waktu yang lalu keluarga kami pernah mengolah pembuatan krupuk kulit. Hanya saja, kami menggunakan kulit sapi wajar sebagai bahan bakunya. Tentu saja, masing-masing produk ada sedikit/banyaknya perbedaan. Dan perbedaannya itu, saya tak dapat mengilustrasikannya.

Harga krupuk kulit yang bagus dan super, berharga lumayan mahal. Secara akurat, saya sendiri tidak bisa memberikan angka yang pasti. Sistem penjualannya adalah per kilogram.

Perbedaan krupuk kulit sapi dan krupuk kulit kerbau dari hasil produksinya. Krupuk kulit dari kerbau ada sedikit hitam dikrupuknya, sedangkan dikrupuk kulit sapi tak ada (mulus kuning).

Salam.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI