Proses demokrasi dan pendemokrasian di Indonesia.

Proses demokrasi dan pendemokrasian di Indonesia.

Proses demokrasi dan pendemokrasian yang terjadi dan telah terjadi di Indonesia.

Demokrasi secara abstrak seperti yang di tuturkan oleh Abraham Lincoln yakni dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat.
Demokrasi mengalami banyak ganjalan dan rintangan saat kaidah dan ideologi ini berkembang. Akibat dari perang dunia ke I dan ke II ada yang beralih dari demokrasi ke sosialis atau bahkan dari sosialis ke demokrasi.
Negara kita sendiri menganut faham/ideologi demokrasi pancasila. Secara garis besar demokrasi pancasila yang kita anut demokrasi yang berdasarkan dari rakyat untuk rakyat oleh rakyat yang berlandaskan ketuhanan, persatuan, keadilan, permusyawaratan dan kemanusiaan.
Menengok sumber demokrasi yang diusung oleh negara barat semisalnya Amerika Serikat yang murni menganut faham demokrasi itu sendiri. Dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat. Liberalisasi, kebebasan senyatanya untuk rakyatnya. Kebebasan segala-galanya. Ini berhasil di negara paman sam sendiri karena ditunjang dengan akar kebudayaan, sosial dan hukum disana. Tentu saja perjalanan menjadi liberal disana pun banyak menemui berbagai macam rintangan dan halangan yang tidak sedikit. Sama hal nya dengan di kita. Yang berbeda kalo amrik merdeka nya dah berpuluh-puluh tahun bahkan ratusan. Sedangkan kita baru menginjak 65 tahun merdeka.
Karakteristik bangsa Indonesia sendiri yang begitu kaya akan bahasa, budaya, adat, dan segala macam dinamika didalamnya. Membuat bangsa ini begitu spesial dan luhur sekali untuk di simak dan di olah. Tentunya dengan figur kepemimpinan yang tepat dan berpengetahuan luas serta berbudi luhur dan nasionalis.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI