Marketing


Dulu di kuliah pernah belajar marketing....
Yang perlu di marketing yakni:

  1. Pahami, kenali, selidiki produk apa yang akan kita pasarkan.
  2. Mencari pangsa pasar yang tepat.
  3. Pesaing produk kita.
  4. Pengelolaan produk/managemen produk agar selalu tersedia di pasaran.
  5. Perawatan konsumen.
  6. Biaya iklan dan pemasaran.

Tidak selalu nya penting untuk memahami produk yang akan kita pasarkan, karena produk itu sendiri kadang kala sudah terkenal di masyarakat. Namun point kedua lebih vital dan sangat penting. Agar point yang akan kita pasang dapat segera di kenali di mata masyarakat.

Produk yang akan di pasarkan kalau masih brand new tentu penting untuk mengenali point ke 1. Baru setelah kita mengenal mulai beranjak ke point ketiga, memahami saingan produk yang kita pasarkan. Kalau pun deadend entah bagaimana produk kita harus masuk ke pasaran untuk mencapai point ke dua.

Kita tentunya faham sekali dengan point ketiga. Nah point keempat ini sangat riskan sekali. Entah karena mismanagement ataupun kesalahan owner produsen ataupun kesalahan pengelola. Ketersediaan produk di pasaran harus dapat dipertahankan. Point keempat ini sangat sukar sekali di raih terutama untuk skala usaha kecil menengah yang kurang konsisten dan terintegrasi.

Setelah melewati keempat point diatas, menuju point kelima yang lebih sulit dan sangat rentan sekali dengan “malapetaka”. Malapetaka disini tidak dapat dihindarkan, semisal bencana alam, produsen yang produknya kita pasarkan mengalami kenaikan tidak wajar dan lain satu halnya. Konsumen sangat rentan sekali dengan omongan produk pesaing kita. Ini yang membuat kita harus selalu disiplin menjaga konsistensi dan integritas sebagai pengusaha/pemasar produk.

Biaya iklan dan pemasaran pada usaha baru mungkin bisa ditekan, dengan membuat famflet sendiri atau jasa social network walaupun terkesan lama sekali. Terpenting dan tervital adalah point kesatu sampai point kelima.

Salam hangat dari Indonesia untuk semua di seluruh dunia.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI