Kualitas Sosial dengan Sosiologi

Kualitas Sosial dengan Sosiologi

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini dipublikasikan diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "Cours De Philosophie Positive" karangan August Comte (1798-1857). Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya.

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Pokok bahasan sosiologi

  1. Fakta sosial
  2. Tindakan sosial
  3. Khayalan sosiologis
  4. Realitas sosial
Dengan berkembang pesatnya teknologi akhir-akhir ini, semisal adanya teknologi SMS, Telpon Genggam, Internet, Email dan lain sebagainya.

Sosial interaksi masyarakat semakin meluas dan hampir tanpa batasan. Jarak dan waktu bisa ditempuh dengan hanya hitungan menit bahkan detik dengan teknologi internet. Berkembangnya jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Plurk dan lain sebagainya memudahkan hubungan manusia.

Demikian kita dipermudah oleh teknologi yang berawal diciptakan oleh Graham Bell. (Bell umumnya dikenal sebagai penemu telepon, meski Kongres AS pada Juni 2002 menetapkan bahwa Antonio Meucci-lah yang menemukan telepon).  

Secara tak sadar akibat adanya revolusi sosial dimasyarakat dan lahirnya sosial modern saat ini. Kita telah kehilangan akan kualitas sosial interaksi kita dengan individu lainnya. Pada tahun ’90 an kita belum mengenal adanya teknologi SMS, saat itu jika kita ingin mengabari kerabat, sahabat, rekan maupun berbisnis. Kita menggunakan jasa Pos untuk mengirim berita. Baik itu telegram, kilat khusus atau produk lain yang di tawarkan Pos.
Memerlukan waktu yang tidak sedikit saat itu agar pesan/berita kita sampai pada yang bersangkutan. Jika kita mengirim surat kepada kekasih kita, memerlukan waktu 1 – 3 hari untuk sampai kepadanya. Isi ungkapan perasaan dan rasa kerinduan nilai dan kualitasnya saat itu demikian besar.
Dengan adanya kemajuan teknologi, revolusi sosial dan modernisasi sosial saat ini. Kualitas sosial kita semakin menurun dalam tanda kutip. Semisal kita memberi pesan kepada kekasih kita, cukup dengan berkirim SMS, Telpon ataupun Email. Dengan hitungan detik, menit ataupun jam, pesan berita kita akan segera mendapat balasan darinya.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI