Kiri Kanan


Tangan kanan biasanya digunakan untuk hal-hal yang baik, makan, minum, memberikan duit, bahkan menjadi sebuah slogan pengelola parkir “selalu melayani dengan tangan kanan”.

Tangan kiri biasanya dipakai untuk bersih-bersih, dipasangin cincin perkawinan (katanya biar tangan kiri tak merasa tersisihkan dengan tangan kanan).
Lalu kenapa kita tidak melabrak aturan tidak tertulis itu? Apakah anda berani melibas hal tersebut? Saya? jelas tidak berani, entah mengapa. Bahkan ada yang berpandangan kalau menunjuk sesuatu dengan kaki dikatakan tidak sopan. Kepala kita dipegang sama orang lain pasti marah. Padahal ada suatu suku di Indonesia jika kakinya diinjak pasti marah besar tidak demikian dengan menyentuh kepalanya.

Resmi dan tidak resmi sebuah adat yang kita miliki, kita laksanakan dalam keseharian dan diteruskan kepada keturunan kita sebagai bentuk perhargaan kepada orang tua yang telah mendidik kita sedari kecil. Begitu dan begitu seterusnya, sehingga ada suatu bentuk rangsangan dari faktor luar yang memengaruhi suatu individu untuk melakukan penyimpangan.

Betul bukan? Semua berawal dari faktor luar dan dalam, terjadinya hal-hal itu karena faktor luar terlalu menonjol kedalam?

Tangan kiri dan tangan kanan. Haluan kiri dan kanan, dalam politik haluan kiri dan kanan digawangi dengan kejadian Revolusi Perancis 1879, dimana kiri menginginkan perubahan dan reformasi dan kanan mendukung raja dan struktur tradisional. Dimasa itu, alam pikiran perubahan dan reformasi mengacu kepada hal yang kurang baik.
Dari segi sifat kepemimpinan pun kiri dan kanan dapat diartikan kiri sebagai seorang otoriter dan kanan demokratis.

Dari dunia ilmu eksakta pun, kiri minus, kanan plus.
Dari segi kejiwaan, tanpa adanya nafsu wah ini repot kan, enggak bakalan nafsu makan.
Jadi sebenarnya, adanya kiri dan kanan itu adalah untuk meramaikan suasana kehidupan saja. Seperti adanya pongdut ditengah malam. Adanya riuh rendah tentang reshuffle dan banyak lagi.

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI