Di Buku Ada Jalan


Gandrung membaca buku belakangan ini menyerang sontak mendadak tiba-tiba begitu saja. Sungguh, berapa duit yang kita bawa, habis dah kalau dah jalan ke toko buku. Apalagi kalau pelayannya kooperatif serta ramah, enak diajak dialog.

Komunikasi dialogis, tentunya sering kita lakukan dalam keseharian, dengan pacar, dosen, guru, tetangga, cewek baru kenalan di bis ataupun dengan seorang yang numpang tanya karena tersesat dijalan. Jika kita bisa mengatasi hambatan-hambatan komunikasi tentunya akan menjadi cair, konek kata anak muda sekarang mah.

Si abang penjual buku di kota Ciamis yang belakangan ini sering saya kunjungi, luar biasa dia. Mungkin kadang kalau lagi sepi suka baca buku yang dia jual kali ya. Kok bisa begitu fleksibel serta komunikatif. Mungkin karakter tukang jualan semua begitu. Lagian orang yang beli buku juga saya kira masih segelintir orang saja, ya minimal orang yang sedang menimba ilmu dan lagi, yang Abang Abak jual itu buku untuk sekolah tinggi/universitas.

Susah ditawar si abang satu ini. Alot banget dah. Tapi sebagai tukang jualan juga, gak etis juga rebut tawar. Ya tau sama tau lah, semacam aturan tidak tertulis untuk tidak saling tawar menawar.

Masih berkutat pada buku-buku mata kuliah yang saya ambil, ya semenjak membaca tulisan nya seorang blogger, saya rasa dosen di suatu perguruan tinggi dan tentu saja juga baca tulisan dosen saya di semester 5 di blog pribadinya. Inspirasi untuk membeli buku mata kuliah yang walaupun tebal-tebal itu bahkan kadang gak ngerti isinya. Sekedar membaca, trus balik lagi membacanya, masih tetep aja gak ngerti, ya maklum hape nya sudah mulai jadul, penerimaan sinyal pun sudah menjadi berkurang.
Bang Abak bilang, kalau di buku itu ada jalannya. Ya disitu ditulis jalannya. Jalan biar kita ngerti dan biar bijak gitu. Semacam gitu lah.

Iya, kalau gak ngerti-ngerti mah tanya aja dosen gitu, gitu aja kok repot!

Comments

Popular posts from this blog

Tips memilih gelasan layangan.

Isi/makna lagu DOREMI